Pages - Menu

Ochydart.com beralih ke www.percetakanayoprint.com

Jumat, 31 Agustus 2012

11 TIPS MENGHEMAT BIAYA PERNIKAHAN

Ada beberapa tips untuk menekan biaya pernikahan anda, monggo dicekidot ;
  1. Bijaklah menentukan jumlah Undangan anda. Ini penting karena jumlah undangan akan berpengaruh pada biaya cetak undangan, konsumsi/catering, souvenir dan tentu saja lokasi.
    Agar lebih hemat, cetak di relasi/teman baik anda, dengan begitu akan dapat potongan harga biasanya, dan jangan lupa, pada intinya kertas undangan hanya dilihat sekali lalu dibuang (kecuali untuk arsip). So, tidak perlu yang mahal-mahal, sesuaikan dengan kantong saja.
  2. Lokasi Resepsi tidak harus selalu di gedung, jika memungkinkan untuk melaksanakan resepsi di rumah kenapa tidak? Tentunya akan menghemat biaya gedung, dekorasi dan transportasi (sewa mobil pengantin dan transportasi keluarga). Jika rumah tidak memungkinkan, aula pun bisa disulap menjadi tempat resepsi yang menawan dengan dekorasi yang baik. Dan tidak ada salahnya jika menyewa aula kampus, lebih hemat, apalagi jika kamu pejabat kampus, mungkin ada pengurangan biaya, hee ngaruh ga ya,,
  3. Konsumsi, pilihlah paket menu makanan yang sesuai dengan budget anda. Kosultasikan dengan catering mengenai berapa paket yang seharusnya anda pilih untuk prasmanan dan pondokan dengan jumlah undangan yang ada. Memasak hidangan sendiri dengan menggunakan jasa tukang masak, tentunya akan menghemat biaya konsumsi, tetapi mungkin akan sedikit repot. Dan harus diingat pula estimasinya, jika anda berniat mengundang 1000 undangan, maka estimasi konsumsi adalah 1500 s/d 2000 Porsi karena bisa jadi yang datang undangan membawa pasangan, adik, orangtua, dll.
  4. Transportasi. Mobil pengantin dan keluarga tidak perlu menyewa. Manfaatkanlah keluarga, relasi  dan tetangga anda yang memiliki mobil. Anda mungkin hanya perlu mengeluarkan untuk biaya bensin, tapi anda tentunya akan memangkas anggaran sewa.
    Sedangkan jika kita sewa/rental mobil, paling murah Rp. 250.000 s/d Rp. 350.000 perhari.
  5. Menyatukan hari akad dengan resepsi. Hal ini tentu saja akan menghemat biaya konsumsi, sewa tenda, dekorasi, make up, sewa baju, sound system dan bahkan biaya loss listrik. Plus lebih nyaman bagi pengantin dan keluarga, karena capek dan repot nya diakumulasi dalam satu hari.
  6. Menyewa baju pengantin, no need to worries saat ini banyak lho salon yang menyewakan baju pengantin yang modern dan up todate. Hal ini tentunya akan mengurangi budget pembuatan baju pengantin yang lumayan mahal, yang mungkin hanya kita pakai sekali… sayang juga kaan…
  7. Kurangi penggunaan bunga hidup dalam dekorasi, karena semakin banyak bunga hidup semakin mahal dekorasinya. Pilihlah dekorasi yang simple, item gebyok misalnya, keren juga lho klo diganti sama bamboo… dan lebih hemat tentunya.
  8. Resepsi pernikahan memang paling afdhol kalau diiringi dengan music, tidak harus live music seperti band atau organ tunggal lho… iringan Hiburan Music dari CD atau kaset juga seru kok, jangan lupa pilih list lagunya… jangan sampai ada lagu patah hati di hari resepsi anda hehe. Nah, jika anda ingin hiburan pernikahan yang islami, misalkan Nasyid, Marawis, Qasidah, atau Gambus, bisa dilihat infonya disini
  9. Penggunaan jasa WO atau Wedding Organizer memang sangat membantu dalam mempersiapkan pernikahan, namun jika budget terbatas anda bisa membuat WO sendiri dengan memberdayakan keluarga dan kerabat terdekat anda untuk membantu mempersiapkan pernikahan. Tidak sulit kok, hanya saja memang membutuhkan waktu dan kesabaran.
  10. Bijak memilih Souvenir. Saat ini pilihan souvenir sudah sangat beragam dan harganya juga banyak yang terjangkau, pilihlah yang sesuai dengan budget dan tema pesta anda. Yang anda perlu ingat adalah harga souvenir itu akan anda kalikan dengan jumlah undangan anda… so be wise guys.
  11. Photo & Video Pernikahan, mungkin anda ada baiknya survey harga pasaran distudio, bisa jadi paling murah Rp.1.500.000 s/d Rp. 1.700.000. Tapi anda  tidak perlu khawatir, karena saat ini ada yg lebih terjangkau dan cukup dengan Rp. 1.350.000, anda sudah bisa menikmati dokumentasi photo dan video pernikahan dengan harga yg terjangkau, dimana lagi kalo bukan di OCHYD@rt, untuk rincian paket photo & video pernikahan klik aja disini

Semoga Bermanfaat
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. untuk melihat klien wedding kami silakan klik :

    http://ochydart.blogspot.com/p/klien-wedding.html

    BalasHapus